Solusi Mengatasi Serangan Rayap Yang Efektif Menggunakan Obat Anti Rayap

Obat anti rayap yang efektif untuk membasmi rayap diantaranya menggunakan metode obat racun bubuk, menggunakan obat semprot / spray dan pengasapan.

obat anti rayap pengasapan /  fogging
by freepik.com

AntiRayap.net – Kehadiran rayap di rumah atau kawasan rumah tinggal bisa menjadi masalah serius. Serangga yang hidup berkoloni ini bisa merusak berbagai barang, perabot dan konstruksi rumah yang terbuat dari kayu. Kenyataan bahwa fungsi ekologis dari rayap adalah sebagai pengurai berbagai bagian dari pohon mulai dari daun, batang hingga akar membuat serangga ini menjadi masalah bagi penggunaan kayu untuk konstruksi bangunan. Penggunaan obat anti rayap bisa menjadi salah satu pilihan solusi untuk mengatasi masalah hama rayap atau sekedar mengendalikan populasi rayap di sekitar rumah.

Mengenal Rayap Untuk Memudahkan Memilih Obat Anti Rayap yang Tepat

Rayap merupakan serangan sosial yang hidup berkoloni. Sebuah koloni rayap terdiri dari seekor ratu dan kelompok pekerja serta tentara. Pada musim tertentu ratu akan menghasilkan telur yang menjadi jenis rayap reproduksi atau Alates dalam wujud laron. Pada fase inilah rayap bisa mengembangkan populasi dengan membentuk koloni – koloni baru karena memiliki kemampuan terbang.

Keanekaragaman jenis rayap umumnya lebih tinggi di daerah tropis yang panas dan lembap jika dibandingkan dengan di daerah sub tropis yang mengalami 4 musim. Hal ini membuat kita yang berada di Indonesia memiliki risiko lebih besar mengalami masalah dengan rayap jika dibandingkan dengan mereka yang hidup di daerah sub tropis seperti di Eropa.

Rayap terbagi dalam 3 grup berdasarkan ekologinya berupa rayap yang hidup di kayu basah, kayu kering dan rayap yang hidup di dalam tanah. Rayap yang hidup di kayu basah hanya ditemukan di hutan konifer yang beriklim sedang. Sedangkan rayap yang hidup di kayu kering hidup di hutan dengan tipe kayu keras. Sementara itu rayap yang hidup di dalam tanah menyebar luas di beragam jenis habitat. Rayap jenis terakhir inilah yang umumnya menjadi masalah bagi manusia karena menyerang bangunan permukiman. Mengenali jenis rayap seperti apa yang melakukan serangan akan menjadi acuan dalam memilih metode cara basmi rayap dan pemakaian obat anti rayap yang tepat.

Beberapa Jenis Obat Anti Rayap Yang Umum Ditemukan

Kebanyakan rayap di daerah Indonesia merupakan rayap yang hidup di bawah tanah. Hal ini membuat jenis rayap ini kadang sulit diketahui keberadaannya dan baru terlihat ketika mencari makanan di atas permukaan tanah. Pola hidup dengan sarang di bawan tanah dan aktivitas mencari makan hingga atas permukaan bisa menjadi pertimbangan dalam memilih obat anti rayap yang tepat. Berikut ini beberapa jenis obat atau racun anti rayap yang umum ditemukan dan digunakan.

Obat Anti Rayap Racun Tabur

Jenis racun rayap tipe ini umumnya berbentuk bubuk dan bekerja sebagai umpan yang akan mengundang rayap memakan umpan dan membawa efek racun ke dalam sarang. Jenis racun yang bersifat sebagai umpan ini umumnya menggunakan kandungan racun Hexaflumoron. Jika diaplikasikan dengan tepat maka jenis racun ini bisa menjadi obat anti rayap yang efektif.

Efek dari racun ini akan bekerja memutus siklus hidup rayap ketika memasuki masa berganti kulit. Efek mematikan racun ini akan muncul setelah 8 pekan dan membuat rayap gagal berganti kulit serta mengalami dehidrasi sehingga mati. Efek mematikan ini akan menghasilkan efek kematian bergelombang hingga seluruh koloni musnah.

Obat Anti Rayap Diaplikasikan Pada Kayu

Jenis obat anti rayap yang lain adalah tipe racun atau penolak rayap yang diaplikasikan sebagai pengawet kayu atau sebagai cairan yang meracuni rayap. Untuk menggunakan jenis racun rayap ini maka Anda harus mengoleskan atau menyemprotkan cairan pada permukaan kayu yang diserang rayap. Metode yang sama juga bisa dilakukan pada bagian kayu yang ingin dilindungi.

Jenis obat anti rayap ini memiliki kelebihan berupa efektivitas yang tinggi dan pemakaian yang mudah. Produk yang baik umumnya tidak menimbulkan bau menyengat yang bisa mengganggu penghuni rumah. Jenis racun cair yang disemprot atau dioleskan pada kayu bagian rumah ini bisa digunakan untuk membasmi rayap yang menyerang kayu kering dan juga rayap di dalam tanah.

Obat Anti Rayap untuk Perendaman pada Kayu

Jenis obat anti rayap tertentu berfungsi sebagai pelindung kayu dari serangan rayap. Efek jenis obat ini membuat rayap tidak tertarik untuk memakan kayu karena memiliki bau dan rasa yang berbeda. Jika rayap memakan kayu yang sudah dilapisi obat ini maka rayap akan mati.

Obat jenis ini bisa menjadi solusi obat anti rayap murah dan efektif karena dapat bertahan melindungi kayu dalam durasi yang lama meski digunakan di area terbuka. Kekurangan dari obat jenis ini ada pada kebutuhan untuk merendam kayu agar efek perlindungan dari rayap bisa bertahan lama dan menyeluruh. Pemakaian dengan cara dioleskan atau dicampur dengan cat, plitur ataupun cairan thinner bisa memudahkan pemakaian, tetapi efektivitas cara ini tidak terlalu tinggi.

Obat Anti Rayap Metode Semprot

Pemakaian obat anti rayap dengan cara disemprotkan bekerja seperti racun serangga pada umumnya. Tipe racun rayap ini bisa menjadi solusi efektif jika lokasi koloni rayap sudah diketahui. Racun rayap ini bisa langsung membunuh koloni rayap dengan cepat karena rayap yang terkena semprot akan segera mati.

Kelebihan dari jenis obat semprot untuk membasmi rayap ini adalah bisa juga membasmi serangga lain yang mengganggu rumah. Sehingga Anda bisa melakukan satu kali proses penyemprotan untuk mengatasi beragam serangan serangga. Jenis racun serangga ini memiliki efektivitas cukup tinggi, bahkan ketika lokasi koloni rayap belum diketahui dengan pasti.

Obat Anti Rayap Metode Pengasapan

Metode pengasapan ini membutuhkan jenis obat anti rayap yang memang didesain untuk menghasilkan asap beracun untuk mengusir dan membunuh koloni rayap. Salah satu jenis racun tipe ini berbentuk tablet yang dibakar dan menghasilkan asap beracun. Racun dengan metode pengasapan ini bisa menjadi tipe obat anti rayap yang bisa diandalkan karena bisa membasmi koloni rayap yang tidak diketahui lokasinya.

Kelemahan metode pengasapan adalah penghuni rumah diharuskan untuk meninggalkan rumah ketika proses pengasapan dilakukan. Hal yang sama berlaku juga pada hewan peliharaan yang tinggal di rumah tersebut agar tidak keracunan. Dibutuhkan waktu beberapa saat agar asap beracun bekerja dan membunuh koloni rayap secara efektif. Setelah proses pengasapan maka dibutuhkan waktu dan usaha untuk membersihkan barang dan perabot dari asap beracun yang menempel selama pengasapan.

Itulah beberapa jenis obat anti rayap yang bisa digunakan sebagai solusi mengatasi serangan rayap ataupun sebagai tindakan pencegahan terhadap serangan rayap di rumah Anda. Namun jika Anda menghindari obat anti rayap karena kandungan kimia-nya, Anda bisa mencoba tips yang pernah kami bagikan sebelumnya yakni penggunaan obat anti rayap alami yang mudah diperoleh di sekitar kita.

Coba kenali jenis rayap seperti apa yang menyerang atau ada di sekitar rumah Anda. Informasi ini bisa memudahkan Anda memilih jenis anti rayap yang sesuai. Kemudian pastikan untuk membaca instruksi cara pemakaian dengan teliti agar efektivitas anti rayap maksimal. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli atau penjual terkait cara penggunaan yang aman dan efektif.

Diposting pada